Kamis, 02 Mei 2013

Tiga cangkir teh sehari ampuh tangkal penyakit jantung



Tiga cangkir teh sehari ampuh tangkal penyakit jantung
Ilustrasi teh hitam. ©Shutterstock/Africa Studio


Kabar gembira bagi Anda yang suka minum teh. Menurut penelitian terbaru, minum tiga cangkir teh sehari ampuh menangkal penyakit kardiovaskular.

Kebiasaan minum teh pada dasarnya mampu mengontrol tekanan darah. Sehingga risiko penyakit kardiovaskular yang biasanya dipicu tekanan darah tinggi - seperti jantung dan stroke - bisa menurun.

Peneliti percaya bahwa kandungan dalam teh yang bernama flavonoid - salah satu jenis antioksidan - adalah nutrisi yang berkhasiat menormalkan tekanan darah.

"Kami sudah membuktikan bahwa minum teh hitam mampu menurunkan risiko penyakit jantung," tegas Profesor Jonathan Hodgson dari University of Western Australia, seperti yang dikutip Daily Mail.

Penelitian terakhir tepatnya melibatkan 111 pria dan wanita yang rajin minum tiga cangkir teh hitam setiap hari selama enam bulan. Hasilnya, responden memiliki tekanan darah yang stabil ketika diperiksa oleh peneliti.

Meskipun hanya teh hitam yang digunakan dalam penelitian ini, para ahli yakin kalau menambahkan susu pada teh tidak akan memengaruhi manfaat yang diberikan.

Selain itu, hampir semua teh memang mengandung flavonoid. Namun kandungan tertingginya bisa ditemukan dalam jenis teh hitam.

Hasil penelitian tersebut lantas dilaporkan dalam American Journal of Clinical Nutrition.
http://www.merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar