Kamis, 02 Mei 2013

Teh hitam bisa cegah stroke?



Teh hitam bisa cegah stroke?


Tak seperti kopi yang ditengarai masih mengandung beberapa zat yang tak baik untuk kesehatan, teh telah banyak dikenal memiliki manfaat untuk tubuh. Terutama teh hijau, yang kabarnya bisa memperpanjang usia. Namun, bagaimana dengan jenis teh lainnya seperti teh hitam. Apa manfaat yang bisa didapatkan dari jenis teh ini?

Tak kalah dengan jenis teh lainnya, teh hitam juga kaya akan manfaat. Meskipun dipetik dari tanaman yang sama dengan teh hijau, yaitu tanaman camellia sinesis, namun teh hitam cenderung memiliki warna yang gelap saat dipakai dalam minuman. Karena daunnya yang kering dan matang serta diproses sedemikian rupa, maka teh hitam juga memiliki warna yang lebih gelap.

Penelitian yang dilakukan di Netherlands National Institute of Public Health and the Environment menemukan bahwa konsumsi teh hitam bisa mencegah risiko stroke. Teh hitam memiliki kadar flavonoid tinggi yang bisa membantu mengurangi produksi LDL (kolesterol jahat) penyebab stroke dan serangan jantung.

Mengonsumsi teh hitam juga ditengarai mampu memperbaiki fungsi pembuluh darah yang rusak penyebab serangan jantung. Berdasarkan penelitian ini, hanya dengan mengonsumsi empat gelas teh hitam sehari, akan menjauhkan seseorang dari risiko penyakit jantung maupun stroke.

Tak hanya baik untuk jantung, teh hitam juga mengandung fluoride yang membantu menjaga kesehatan mulut dan tulang. Selain itu, teh hitam juga terbukti mampu  memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan bakteri.

Teh hitam juga bagus untuk mengontrol hormon penyebab stres dan depresi, serta membantu melancarkan fungsi pencernaan. Saat mata Anda bengkak, Anda juga bisa menggunakan kantung teh hitam dingin untuk mengatasinya.
http://www.merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar