Selasa, 14 Mei 2013

Minuman ini baik dikonsumsi saat olahraga



Minuman ini baik dikonsumsi saat olahraga


Saat berolahraga tubuh akan mengeluarkan banyak keringat. Jika cairan tubuh yang keluar tidak segera diganti maka tubuh akan lemas atau dehidrasi. Tidak mau kan setelah olahraga bukannya tambah sehat malah lemas? Untuk itu Anda harus banyak minum pasca olahraga. Berikut jenis minuman yang dapat dikonsumsi setelah berolahraga, seperti dilansir eHow.

Air putih
Air adalah pilihan terbaik bagi kebanyakan orang. Selain murah dan mudah, air juga bebas kalori. Ketika Anda sedang berolahraga untuk menurunkan atau menjaga berat badan Anda, air adalah pilihan tepat untuk melepaskan dahaga.
Namun sebagian orang ada yang kurang suka dengan air putih karena rasanya yang kurang segar. Jangan khawatir, Anda bisa menambahkan irisan lemon, jeruk nipis atau timun agar air mineral Anda makin segar.

Air kelapa
Air kelapa mengandung elektrolit yang sama dengan elektrolit tubuh. Sehingga bisa mengganti cairan setelah olahraga atau beraktivitas berat. Selain berfungsi sebagai minuman isotonik, air kelapa juga mengandung kalsium, magnesium dan potassium yang meningkatkan sirkulasi darah.
Tak hanya itu saja, air kelapa mempunyai fungsi untuk melancarkan fungsi sistem pencernaan.

Sport drink
Jika Anda berolahraga pada intensitas tinggi untuk waktu yang lama, 60 menit atau lebih, tubuh membutuhkan minuman olahraga dari sekedar air biasa. Latihan Intens menyebabkan Anda berkeringat lebih dan kehilangan elektrolit esensial, yaitu natrium. Jika kadar natrium darah Anda terlalu rendah, dapat menyebabkan keracunan air, yang dapat menyebabkan disorientasi, koma bahkan kematian.
Sport drink mempunyai keunggulan karena ke dalamnya ditambahkan beberapa komponen zat gizi yang diperlukan tubuh setelah berolahraga, seperti karbohidrat, vitamin B kompleks dan ion-ion elektrolit.

Minuman berenergi
Minuman berenergi mengandung sejumlah nutrisi yang berbeda untuk meningkatkan kemampuan mental dan fisik. Menurut International Society of Sports Nutrition, karbohidrat dan kafein dalam minuman ini paling bermanfaat saat olahraga. Mengonsumsi minuman berenergi 10 sampai 60 menit sebelum Anda berolahraga dapat meningkatkan fokus Anda dan daya tahan.
Penting untuk dicatat, bahwa tambahan kalori dalam minuman ini bisa menyebabkan penambahan berat badan. Jika Anda khawatir tentang berat badan Anda, minuman berenergi rendah kalori. Namun, jangan minum lebih dari satu gelas sehari energi.

Minuman di atas mempunyai fungsi yang baik bagi tubuh setelah olahraga. Mana yang paling Anda suka dari empat jenis minuman di atas?
http://www.merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar