Minggu, 05 Mei 2013

10 Tempat 'persembunyian' kuman dalam rumah



10 Tempat 'persembunyian' kuman dalam rumah
Ilustrasi alat kebersihan.


Jika Anda membersihkan rumah, pastikan Anda tidak melewatkan satu pun bagian di setiap ruangan. Terutama tempat-tempat yang dijadikan 'persembunyian' kuman dalam rumah seperti yang dilansir dari Good Housekeeping berikut ini.

Bawah karpetPunya karpet di rumah? Jangan cuma membersihkan bagian atasnya saja. Debu dan kuman ternyata bersembunyi di bawah karpet, makanya jangan sampai melewatkan bagian tersebut untuk dibersihkan.

Windows blindsWindows blinds adalah penutup jendela yang juga menjadi tempat bersembunyi para kuman namun jarang dibersihkan. Padahal debu mudah sekali menempel dan kuman tumbuh subur di baliknya.

Kartu kreditKarena sering berpindah tangan, kartu kredit pun termasuk benda yang penuh kuman. Sekali-kali, usap kartu kredit dengan kain yang sudah ditetesi alkohol sebelum akhirnya diletakkan kembali di dalam dompet.

Tempat sampah di dapurNamanya saja sampah, jelas kuman senang bersembunyi di dalamnya. Maka dari itu, Anda harus rajin membersihkan tempat sampah yang ada di dalam dapur secara rutin.

TanamanTanaman yang berada di luar rumah dibersihkan secara alami oleh air hujan. Lantas bagaimana dengan yang ada di dalam? Anda harus rajin membersihkannya juga agar kuman tidak bersarang di sana.

DompetDompet sering dibawa keluar masuk toilet oleh wanita. Sayangnya, agak susah membersihkan dompet jika bahannya adalah beludru. Jadi sebaiknya jauhkan dompet dari area dapur dan meja makan.

Atas kulkasJangan cuma membersihkan bagian depan atau isi kulkas saja di rumah. Perhatikan bagian atas, bawah, samping kanan dan kiri sampai belakang. Bersihkan semuanya untuk mengusir kuman.

Gagang sikat gigiCara mudah mengusir kuman dari persembunyiannya di gagang sikat gigi adalah merendamnya dalam cairan pemutih pakaian. Kemudian keringkan dan cuci tempat sikat gigi dalam kamar mandi.

Vacuum cleanerTugas vacuum cleaner adalah menyedot debu. Maka dari itu di dalamnya pun penuh dengan kuman. Jadi jangan lupa mensterilkan alat penyedot debu setelah isi rumah selesai dibersihkan.

Karpet yogaBagi Anda yang rutin beryoga di rumah, jangan lupa untuk menjemur karpet yang dipakai. Sebab saat melakukan yoga dan berkeringat, bakteri dan kuman di karpet yoga bisa tumbuh subur.
Itulah beberapa tempat yang menjadi 'persembunyian' kuman. Bersihkan semuanya untuk menjaga kesehatan dan mencegah berbagai timbulnya penyakit.
http://www.merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar