Rabu, 08 Mei 2013

Ingin tulang kuat? Jangan cuma minum susu!



Ingin tulang kuat? Jangan cuma minum susu!


Orang tua selalu menyarankan anaknya agar mengonsumsi susu demi menyehatkan tulang. Namun penelitian terbaru menyebutkan kalau makanan lain seperti biji labu, cokelat hitam, almond, dan salmon juga ampuh menguatkan tulang.

Penelitian tersebut tepatnya dilaporkan dalam pertemuan rutin Pediatric Academic Societies di Washington DC. Menurut peneliti, makanan kaya magnesium juga berperan penting dalam pembentukan tulang.

"Nutrisi yang cukup bagi anak adalah kunci dari memiliki tulang yang kuat, sementara salah satu nutrisi yang harus dipenuhi adalah magnesium," terang kepala penulis penelitian, Dr Steven Abrams, dari Baylor College of Medicine di Houston.

Dr Abrams menambahkan jika kalsium memang penting, namun magnesium juga tak kalah penting dalam menguatkan tulang.

Selama ini magnesium memang menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan orang dewasa untuk menguatkan tulang. Namun ternyata magnesium juga perlu dikonsumsi anak-anak demi membentuk mineral yang terletak dalam tulang.

Sebagaimana dilansir dari Daily Mail, sebanyak 63 anak-anak berusia antara empat dan delapan tahun dilibatkan dalam penelitian ini. Asupan kalsium dan magnesium mereka pun diawasi.

Hasilnya, kadar magnesium yang dikonsumsi dan diserap oleh tubuh ternyata menjadi kunci prediksi kekuatan tulang pada anak.

Sementara itu, asupan kalsium tidak terlalu berpengaruh dalam mineral atau kepadatan tulang.

"Kami percaya anak sebaiknya mengonsumsi kalsium dan magnesium dalam jumlah yang seimbang," tandas Dr Abrams.
http://www.merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar