Selasa, 14 Mei 2013

Optimis, cara gratis dapatkan jantung sehat!


Optimis, cara gratis dapatkan jantung sehat!


Ingin hidup lebih lama dan bahagia? Anda harus menjaga kesehatan fisik dan mental melalui olahraga dan mengonsumsi makanan bergizi. Namun ada cara sederhana untuk mendapatkan itu semua. Cara ini tidak memerlukan biaya sepeser pun. Yang perlu Anda lakukan adalah bersikap optimis. Bagaimana bisa? Berikut manfaat sikap optimis untuk kesehatan, dilansir Huffington Post (8/5).

1. Mempunyai jantung sehat
Menurut Julia Boehm, seorang peneliti postdoctoral di Harvard School of Public Health, sikap optimisme dapat melindungi terhadap penyakit jantung.
Kajian ini menunjukkan bahwa kesejahteraan psikologis, termasuk optimisme, terkait dengan penurunan serangan jantung dan stroke, serta masalah kardiovaskular lainnya.

2. Mempunyai kolesterol yang baik
Sebuah studi 2013 dari Harvard School of Public Health, yang diterbitkan dalam The American Journal of Cardiology, menemukan bahwa siswa yang selalu optimis memiliki tingkat kolesterol baik. Sikap optimis juga menurunkan kadar trigliserida.

3. Mampu menangani stres
Berdasar penelitian pikiran optimis memiliki efek positif pada pemulihan fisik dari stres secara langsung. Detak jantung akan kembali normal ketika Anda berpikiran positif, dibanding Anda selalu merasa cemas dan marah.

4. Memperkuat sistem imun
Sebuah studi menemukan bahwa menjaga pandangan positif berdampak pada kekuatan sistem kekebalan tubuh Anda. Peneliti melacak optimisme dan perubahan respon imun pada 124 responden mahasiswa jurusan hukum. Peneliti menemukan bahwa mahasiswa yang optimis menunjukkan tingkat imunitas tinggi yang diperantarai sel. Sebaliknya saat sikap optimis berkurang, aktivitas sel tersebut ikut turun.

5. Mengurangi risiko stroke
Semangat dan sikap optimis merupakan faktor penting yang dapat menurunkan risiko terkena stroke. Seseorang yang mempunyai rencana hidup yang jelas akan mempunyai efek positif serta bersikap optimis, jadi mereka cenderung menjauhi hal-hal yang menyebabkan timbulnya penyakit seperti hipertensi.

6. Mengontrol emosi
Memiliki sikap positif berdampak pada rendahnya tingkat depresi seseorang. Orang yang optimis mempunyai kemampuan menghadapi hidup.

7. Hidup lebih lama
Anda ingin punya umur panjang? Buang rasa pesimis dan pikiran negatif. Cobalah untuk berpikiran positif dalam kehidupan Anda. Optimis membantu kestabilan kesehatan fisik dan mencegah kematian dari berbagai cara seperti depresi atau stres dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Kunci dari kehidupan yang sehat adalah bahagia dan berpikiran positif. Segera ubah pikiran negatif Anda dengan hal-hal positif.
http://www.merdeka.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar