Senin, 06 Mei 2013

Perhatikan 6 Hal Ini Agar Pekerja Kantoran Tak Gampang Bungkuk




Jakarta, Pekerja kantor saat ini cenderung menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer setiap harinya. Cepat bungkuk dan nyeri punggung pun kerap dikeluhkan. Nah, agar punggung tak cepat bungkuk dan jauh dari nyeri ada tipsnya lho.

Menurut survei yang dilakukan pada 1.000 pekerja kantor berusia 18 atau lebih di seluruh Amerika Serikat, 2 dari 3 pekerja kantor merasa sakit dan nyeri pada tubuhnya dalam 6 bulan terakhir.

American Osteopathic Association (AOA) dalam survei juga menunjukkan bahwa dalam 30 hari terakhir sekitar 62 persen responden merasakan nyeri di punggung bawah, 53 persen di leher, 38 persen di bahu, 33 persen di pergelangan tangan, dan 31 persen di punggung bagian atas.

"Sebagian responden berpikir bahwa nyeri yang mereka rasakan hanyalah bagian rutin dari pekerjaan mereka, padahal seharusnya tidak seperti itu," ungkap Lisa DeStefano, dokter spesialis osteopathic dan juru bicara dari AOA.

"Pekerja menghabiskan banyak waktu duduk dan membungkuk di depan komputer, sangat penting untuk sesekali berdiri. Saya sarankan untuk membiasakan meregangkan tubuh atau berdiri sebentar setiap 30 menit hingga 1 jam sekali," lanjut Lisa.

Berikut adalah posisi duduk yang benar di depan komputer, seperti dikutip dari Women's Health, Senin (6/5/2013):

1. Perhatikan tinggi layar komputer
Posisikan layar komputer sejajar dengan tinggi garis lurus mata Anda ke depan. Dengan tinggi yang sesuai, posisi kepala akan tetap tegak dan Anda hanya perlu menggerakan mata untuk melihat ke seluruh bagian layar. Posisi kepala yang tegak akan membantu leher, bahu, dan tulang punggung tetap tegak dan menghindari nyeri pada bagian tersebut sepanjang hari.

2. Jarak mata ke layar komputer
Jarak antara mata ke layar komputer yang ideal adalah sekitar 45 cm, jarak ini akan membuat posisi kepala dan leher juga akan tetap tegak. Pastikan jarak antara mata ke layar tidak terlalu dekat sebab akan mempengaruhi kesehatan mata.

3. Siku, lengan, dan pergelangan tangan
Jaga posisi siku tetap berada di bagian samping tubuh Anda dan membentuk sudut siku-siku dengan lengan bawah. Posisikan keyboard senyaman mungkin agar tidak terlalu banyak menggerakan siku saat bekerja.

4. Punggung
Biasakan untuk duduk dengan posisi pinggul yang sejajar dengan tulang punggung. Jangan terlalu sering bungkuk karena akan menyebabkan risiko nyeri punggung dan posisi tubuh tidak rileks.

5. Kursi
Tidak masalah jika Anda ingin memanfaatkan sandaran kursi untuk beristirahat, selama sandaran kursi tersebut memiliki postur yang menyesuaikan bentuk tulang punggung Anda. Dengan postur seperti ini, Anda akan tetap bisa bersandar dengan posisi tulang punggung tetap tersanggah.

6. Kaki
Kedua telapak kaki sebaiknya menapak sempurna di lantai. Hindari duduk bersila atau duduk dengan satu kaki saja yang menapak di lantai. Sering melakukan kebiasaan duduk dengan posisi kaki seperti itu akan membuat Anda cepat bungkuk. Jika kaki Anda tidak dapat menapak di lantai, gunakan kotak di bawah kaki agar tetap bisa menapak lantai.
http://health.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar