Sabtu, 01 Juni 2013

Berpenghasilan lebih sedikit dari istri bikin pria gampang sakit



Berpenghasilan lebih sedikit dari istri bikin pria gampang sakit


Di zaman modern ini tentu bukan hal yang aneh jika wanita juga bekerja untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Faktanya, istri yang bekerja tentu bisa membantu keadaan ekonomi keluarga menjadi lebih baik. Namun sebuah penelitian menunjukkan bahwa istri yang berpenghasilan lebih banyak bisa memberikan efek buruk pada kesehatan suami mereka.

Penelitian yang dilakukan di Washington University di St Louis Olin Business School menemukan bahwa suami yang memiliki istri dengan penghasilan lebih tinggi cenderung lebih berisiko terkena beberapa penyakit seperti disfungsi ereksi, insomnia, dan kecemasan. Sementara penelitian lain menunjukkan bahwa pria yang memiliki penghasilan lebih rendah dari istri mereka lebih mungkin berselingkuh.

"Terdapat beberapa norma sosial yang dianggap kuat oleh pria bahwa mereka harus bisa mengayomi istri mereka. Ketika norma ini dilanggar atau tidak dipenuhi, maka ini akan membuat mereka kehilangan kepercayaan diri sebagai pria," ungkap lamar Pierce, profesor dari Olin, seperti dilansir oleh NBC News (28/05).

Hasil ini ditemukan oleh peneliti di Washington yang mengamati lebih dari 200.000 pasangan menikah di Denmark pada tahun 1997 - 2006. Pierce menjelaskan bahwa mungkin banyak pria yang merasa tak masalah dengan keadaan ini, ketika penghasilan mereka lebih rendah dari istri. Namun dibalik sikap menerima itu, pria juga sulit mengakui bahwa istri mereka yang menjadi penunjang ekonomi dan kehidupan mereka setiap hari.
http://www.merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar