Jumat, 01 Februari 2013

Tampak Sehat, tatapi Kurang Gizi

      Sebagian orang Amerika yang kelihatan sehat, namun tercatat ada yang kekurangan gizi. Kelihatannya bugar, berat badannya tidak kurus, tidak pucat, dan aktivitas hariannya berjalan normal, tetapi mesin tubuhnya sudah pincang.
       Dari sebuah catatan pemeriksaan laboratorium darah pada sejumlah populasi Amerika kedapatan, sebagian orang Amerika kekurangan asupan kalsium, vitamin A, vitamin C, dan sejumlah mineral. Artinya, gizi menu harian mereka kurang berkualitas karena tidak memberikan semua zat makanan yang dibutuhkan sel tubuhnya setiap hari. Sel tubuh tidak menerima seluruh zat gizi yang dibutuhkan.
       Keluhan, gejala, dan tanda penyakit kekurangan suatu zat gizi baru akan muncul bila sudah berlangsung lama, dan dosis kekurangannya sudah melampaui ambangnya. Maka, bidang kedokteran Orthomolecular Medicine dewasa ini mendapat perhatian besar dari kalangan medis, melihat tak sedikit " penyakit" muncul yang disebabkan oleh karena sel-sel tubuh dibiarkan tidak memperoleh kecukupan semua zat makanan yang dipasok oleh menu hariannya.
        Demikian pula dengan asupan oksigen, bahan baku utama sel tubuh untuk memasak menunya. Oksigen diperoleh dari udara. Rata-rata udara kita sudah kian menipis kandungan oksigennya. Maka, diperlukan upaya bernapas yang lebih dalam agar dari kandungan oksigen udara yang tipis itu, masih bisa memberi kecukupan kebutuhan oksigen tubuh.
        Membiarkan bernafas seadanya, sebagaimana yang secara otomatis kita lakukan, pasti sudah tidak mencukupi kebutuhan oksigen tubuh. Maka,rasa lesu, letih, lemas, acap dikeluhkan orang sekarang. Terlebih bagi yang kurang darah ( anemia ).
        Lesu, letih,lemah, selain karena fungsi mesin tubuh mengendur, kemungkinan sebab fungsinya berubah abnormal. Itu terjadi jika selain kekurangan vitamin, tubuh kekurangan sekian jenis mineral juga. Tubuh membutuhkan puluhan vitamin dan mineral yang harus senantiasa tersedia dalam menu harian. Menu harian idealnya harus selalu berisi 40 jenis zat gizi.
         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar