Sabtu, 27 April 2013

10 Perawatan gigi yang sering dilupakan



10 Perawatan gigi yang sering dilupakan


Seberapa sering Anda menjaga kesehatan gigi Anda? Menyikat gigi dua kali sehari saja tidak cukup untuk menciptakan gigi dan mulut yang sehat. Sekalipun Anda menggunakan pasta gigi merek terkemuka atau yang harganya mahal.
Ada banyak cara untuk merawat gigi agar selalu sehat. Namun cara berikut ini sering diabaikan. Padahal cara tersebut sangat mudah dilakukan kapan pun dan di mana pun. Berikut 10 tips perawatan gigi yang sering diabaikan, dilansir boldsky (25/4).


1. Sikat gigi sebelum tidur


10 Perawatan gigi yang sering dilupakan


Kita semua tahu bahwa idealnya harus menyikat gigi dua kali sehari. Tapi kita sering merasa lelah atau mengantuk di malam hari lalu tidak sikat gigi sebelum tidur. Padahal sikat gigi menjelang tidur wajib dilakukan untuk menghilangkan sisa partikel makanan di mulut Anda yang dapat membusuk dan merusak gigi di malam hari.

2. Gunakan mouth wash dan pembersih lidah


10 Perawatan gigi yang sering dilupakan


Sebenarnya menyikat gigi saja tidak cukup. Anda perlu mencuci mulut dengan cairan mouth wash, sehingga gusi dan seluruh rongga mulut dapat dibersihkan dari kuman. Selain itu Anda juga menggunakan buah pembersih lidah untuk membersihkan plak dan sedimen dari lidah Anda. Namun sayangnya masih sedikit masyarakat yang menggunakan dua pembersih tersebut.


3. Flossing



10 Perawatan gigi yang sering dilupakan


Flossing adalah� membersihkan gigi dengan benang gigi. Hal ini sangat penting karena benang gigi menjangkau hingga sudut gigi Anda di mana sikat gigi biasa tidak bisa mencapainya. Dengan flossing, sisa-sisa makanan yang terdapat di antara gigi (dan tidak dapat dicapai dengan sikat) dapat dibersihkan sempurna.


4. Berkumur setelah makan


10 Perawatan gigi yang sering dilupakan


Kumur dengan sedikit air setiap kali selesai makan.  Langkah sederhana ini memastikan bahwa tidak ada makanan yang tersisa di mulut Anda. Selain itu berkumur dapat menjaga mulut dan tenggorokan dari radang dan menjaga gusi dari luka. Berkumur juga dapat melatih otot wajah.

5. Pemilihan jenis sikat gigi


10 Perawatan gigi yang sering dilupakan


Sebagian besar dari masyarakat banyak yang asal memilih sikat gigi. Padahal salah menggunakan sikat gigi bisa melukai gusi Anda. Untuk itu dokter gigi selalu dianjurkan untuk menggunakan sikat berbulu lembut sehingga tidak melukai gusi Anda. Anda juga harus tahu kapan sikat gigi telah usang dan perlu diganti.

6. Teknik menyikat


10 Perawatan gigi yang sering dilupakan


Apakah cara menyikat gigi Anda sudah benar? Orang sering menyikat secara acak, mereka tidak mengikuti pola yang ditetapkan. Teknik yang benar adalah menyikat gigi dari atas ke bawah dan memutar. Menerapkan teknik yang salah bisa melukai gusi dan sisa makanan tidak hilang secara keseluruhan.

7. Jangan merokok


10 Perawatan gigi yang sering dilupakan


Merokok adalah salah satu kebiasaan terburuk bagi kesehatan gigi Anda. Tembakau membuat gigi kuning dan juga menjadi penyebab gigi berlubang. Apabila aktivitas merokok tidak juga dihentikan maka plak akan terus menumpuk dan mengakibatkan karies pada gigi. Bagaimana, apakah Anda masih berminat merokok?

8. Pakai pemutih alami


10 Perawatan gigi yang sering dilupakan


Jika Anda ingin gigi Anda menjadi putih dalam waktu singkat, sikat gigi Anda dengan campuran minyak mustard dan garam. Selain itu, ada beberapa bumbu dapur yang sangat berguna untuk menjaga kebersihan mulut. Misalnya, lemon dan baking soda. Keduanya sangat baik untuk membersihkan dan memutihkan gigi Anda.

9. Berkumur dengan cuka apel


10 Perawatan gigi yang sering dilupakan


Cuka apel sangat bermanfaat bagi kesehatan mulut. Anda dapat berkumur dengan cuka sari apel untuk membersihkan serta menyingkirkan bau mulut. Cuka apel berkhasiat menghapus noda dan memutihkan gigi. Yuk segera dicoba!

10. Berhati-hati memakai tusuk gigi


10 Perawatan gigi yang sering dilupakan


Tusuk gigi yang berguna untuk menghilangkan sisa makanan yang terselip di antara gigi Anda. Tapi hati-hati menggunakannya. Jangan menusuk gusi Anda dengan tusuk gigi. Terlebih jika tusuk tersebut dalam kondisi yang tidak bersih. Selain itu jangan rutin memakai alat ini agar tidak terjadi perenggangan gigi.
Teknik sederhana tersebut bisa dilakukan tanpa membuang banyak waktu. Oleh karena itu, lakukan perawatan ini unutk melindungi kesehatan gigi dan mulut Anda. 

http://www.merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar