Minggu, 21 Desember 2014

Para manula saat ini lebih sehat dibandingkan dengan anak muda



Para manula saat ini lebih sehat dibandingkan dengan anak muda
Ilustrasi manula berkebun.

Merdeka.com - Banyak yang menganggap bahwa semakin tua usia seseorang, maka tingkat kesehatan mereka akan menurun. Sebab sistem metabolisme tubuh mereka akan melambat, sistem kekebalan tubuh mereka menurun, dan beberapa kebiasaan buruk yang mereka lakukan di usia muda mulai berdampak pada kesehatan mereka. Sehingga tubuh mereka akan rentan untuk mengalami baik penyakit ringan maupun penyakit kronis.

Nyatanya, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebuah penelitian yang dilansir dari dailymail.co.uk menyebutkan bahwa para manula saat ini bahkan memiliki tubuh yang lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang masih muda.

"Secara mengejutkan kami menemukan bahwa mereka yang lahir di tahun 1912, memiliki tubuh yang lebih sehat saat ini. Mereka juga jarang melakukan perawatan medis di rumah sakit," ujar Barry McCormick, kepala dari pusat layanan kesehatan, University of Oxford. "Kami meyakini bahwa munculnya pikiran bahwa mereka sudah tua menjadi dasar bagi mereka untuk melakukan pola hidup sehat seperti tidak merokok, mengonsumsi makanan sehat, meminimalisir konsumsi obat kimia, serta rajin untuk melakukan aktivitas fisik."

"Sebaliknya, mereka yang berusia muda saat ini masih belum berpikiran tentang kesehatan mereka. Sebab mereka menganggap bahwa mereka masih sangat muda sehingga mereka tidak akan terkena penyakit kronis yang biasanya terjadi pada orang tua. Alhasil, mereka menjadi tidak terlalu perhatian dengan kesehatannya. Padahal, untuk terkena penyakit seperti jantung, diabetes, maupun kanker tidaklah perlu menunggu saat Anda menjadi tua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar